Jumat, 01 Juli 2011

0 PENGENALAN INTERNET







Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan berjuta juta orang untuk berkomunikasi tanpa batas negara, hanya dengan syarat seseorang tersebut sama -sama terhubung dengan computer dalam sebuah jaringan internet. Kepanjangan dari interconnected networking
SEJARAH INTERNET
1.      Departemen Pertahanan Amerika membentuk suatu jaringan komputer yang disebut ARPANET, untuk memungkinkan personil militer dan peneliti sipil bertukar informasi yang berkaitan dengan hal-hal militer.
2.      Melalui proyek ARPA (Advance Research Project Agency) mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak tak berhingga melalui saluran telepon.
3.      Diperkenalkan pada Oktober 1972, pada tahun 1981 hanya 231 komputer, tahun 1986 bertambah menjadi 2.308 komputer, dan 1,5 juta komputer pada tahun 1993.
4.      Awal tahun 1980 jaringan ARPANET (karena sudah diberhentikan) diubah menjadi TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
5.      Dilanjutkan kembali dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) bekerja sama dengan CSNET (Computer Science Networking) berubah nama menjadi NSFNET.




FASILITAS INTERNET
1. WORLD WIDE WEB  [WEB]
       Mengakses informasi berupa teks, gambar, suara, film, dll. Software browser yaitu Microsoft Internet Explorer dan Mozila Firefox
2. ELECTRONIC MAIL [EMAIL]
      Surat elektronik adalah pesan yang dapat dikirimkan, diterima maupun disimpan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh user melalui internet/jaringan eletronik.
3. TELNET
      Kita bisa menggunakan komputer  untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi yang ada dikomputer tersebut.
4. FILE TRANSFER PROTOCOL [FTP]
   Melalui FTP user bisa mengirimkan data atau file
   dari satu komputer ke komputer yang lain, Download
   dan Upload.
5. CHAT GROUPS / INTERNET RELAY CHAT (IRC)
   Forum dimana user dapat saling berdiskusi atau
   berbincang-bincang dengan user lain.
6. NEWSGROUP
   Ruang percakapan bagi para user yang mempunyai
   kepentingan bersama.


0 comments:

Posting Komentar